Loading...

3 Kemuliaan Fakir Miskin di Akhirat yang Tidak Didapatkan Orang Kaya


Baginda Nabi memerintahkan kita agar mencintai orang miskin dan berlaku baik pada mereka. Karena orang miskin memiliki keistimewaan di sisi Allah.
Dalam satu hadis disebutkan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Perbanyaklah kenalan orang-orang fakir miskin dan berbudi baiklah kepada mereka karena mereka kelak akan mendapat kekuasaan.”
Sahabat bertanya: “Apakah kekuasaan mereka, ya Rasulullah?” Nabi menjawab: “Bila tiba hari kiamat maka dikatakan kepada mereka:
‘Perhatikan siapa yang dulu pernah memberimu makanan atau minuman seteguk atau pakaian sehelai baju, maka peganglah tangannya dan tuntunlah ke surga”.
Dalam hadis lain, Rasulullah SAW juga bersabda: “Sampaikan kepada orang fakir bahwa siapa yang sabar di antara kamu akan mengharap pahala dari Allah Ta’ala.”
Orang fakir akan mendapat tiga macam hal yang tidak didapati orang kaya yaitu:
1. Mendapatkan Yaqut Merah
Orang fakir Di surga akan mendapatkan kamar dari Yaqut merah. Penduduk surga melihat kamar itu seperti orang dunia ketika melihat bintang di langit. Tidak ada yang  dapat masuk kecuali Nabi atau orang mati syahid yang fakir dan orang  mukmin yang fakir.
2. Lebih Dulu Masuk Surga
Orang fakir akan masuk surga lebih dulu sekira setengah hari yaitu sekira 500 tahun dari pada orang kaya.
3. Pahala Melimpah
Ketika orang fakir membaca: “Subhanallah walhamdulillah wa laa ilaha illalah wallahu akbar” dengan tulus ikhlas, dan orang kaya membaca juga maka  tidak dapat mengejar orang fakir walaupun ditambah sedekah 10.000 dirham.
Ibnu Abbas radhiallahu ‘anhu berkata bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda: “Tiap umat ada fitnah (ujiannya) sendiri, dan ujian umatku adalah harta kekayaan.”
Dari Abdullah bin Umar, Nabi bersabda: “Sesungguhnya makhluk yang dikasihi oleh Allah Ta’ala ialah orang yang fakir miskin. Adapun manusia yang sangat dicintai Allah ialah para Nabi, maka Allah menguji mereka dengan kefakiran dan kemiskinan”.
Jangan kecil hati wahai orang miskin karena agama terlah mengistimewaan kalian semua.

Subscribe to receive free email updates:

Loading...

0 Response to "3 Kemuliaan Fakir Miskin di Akhirat yang Tidak Didapatkan Orang Kaya"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.