Loading...

Sudah di Cetak Mulai Beredar Hari Ini Uang Baru Nominal Rp75.000, Begini Penampakan dan Cara Mendapatkanya


Uang Peringatan Kemerdekaan (UPK) 75 Tahun RI, Rp 75 ribu sudah resmi beredar. Untuk mendapatkan uang tersebut, harus melalui beberapa persyaratan yang telah dikeluarkan Bank Indonesia. UPK Rp 75 ribu ini dapat dimiliki seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) yang telah memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP). 

Tentunya, telah melalui mekanisme penukaran uang Rupiah pada aplikasi berbasis website di tautan https://pintar.bi.go.id. Satu KTP tersebut berlaku untuk satu lembar UPK 75 Tahun RI. Untuk aplikasi penukaran tersebut, dapat diakses oleh masyarakat mulai tanggal 17 Agustus 2020 pukul 15.00 WIB. 

Kemudian, penukaran uang dapat dilakukan di seluruh Kantor Bank Indonesia mulai 18 Agustus 2020. Selanjutnya, mulai 1 Oktober 2020, penukaran dapat dilakukan di Kantor Bank Indonesia dan kantor bank umum yang telah ditunjuk dan bekerja sama dengan Bank Indonesia.


Dalam proses penukaran uang, Bank Indonesia tetap mengimbau agar masyarakat tetap mengedepankan protokol kesehatan pencegahan Covi-19 sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan pemerintah.  Bank Indonesia (BI) meluncurkan uang baru dengan nominal Rp75.000 hari ini. Uang baru tersebut diterbitkan untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 RI pada 17 Agustus 2020.

Berdasarkan keterangan BI, Senin (17/8/2020), uang yang akan diterbitkan tersebut berjenis Uang Peringatan (Commemorative Money).

Uang ini berbeda dengan uang rupiah pada umumnya.

Uang ini biasa dikeluarkan secara khusus untuk tujuan tertentu atau memperingati suatu peristiwa yang berskala nasional atau internasional.

Tujuannya meliputi kemerdekaan, peristiwa sejarah nasional, atau kegiatan olahraga berskala internasional yang diselenggarakan di Indonesia.

Uang NKRI ini berjenis kertas dengan angka nominal 75 huruf besar dan 000 huruf kecil pada sisi depan uang kiri atas dan sisi belakang uang kanan bawah.

Uang itu ditandantangani oleh Gubernur BI, Perry Warjiyo dan Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati.

Pada sisi muka, tampak gambar Presiden dan Wakil Presiden ke-1 RI, Soekarno dan Mohammad Hatta.

Selain itu, terpampang pula gambar infrastruktur yang dibangun pemerintah seperti jalan tol, kereta LRT, dan Jembatan Merah Youtefa di Papua. Sisi depan menunjukkan bentuk syukur atas kemerdekaan.

Di sisi belakang, ada peta Indonesia dan gambar Satelit Merah Putih sebagai simbol Menyongsong Masa Depan Gemilang.

Lalu, ada gambar sembilan wajah anak-anak kecil yang mengenakan pakaian adat yang menggambarkan unsur kebhinekaan.

“Digambarkan dengan anak Indonesia menggunakan pakaian adat yang mewakili daerah barat, tengah, dan timur NKRI serta beragam motif kain Nusantara, yaitu tenun Gringsing Bali, Batik Kawung Jawa, dan Songket Sumatra Selatan yang menggambarkan kebaikan, keanggunan, dan kesucian,” tulis BI.

Uang ini dilengkapi dengan pengaman berupa Tanda Air gambar Soekarno dan Hatta dengan electrotype yang bisa diterawang berupa angka 75. Nomor seri meliputi tiga huruf dan enam angka.

Sumber: inews.id

Subscribe to receive free email updates:

Loading...

0 Response to "Sudah di Cetak Mulai Beredar Hari Ini Uang Baru Nominal Rp75.000, Begini Penampakan dan Cara Mendapatkanya"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.