Loading...

[Cek Fakta] Soal Jokowi Hafal al-Qur’an 40 Juz Saat Usia 10 Tahun, Ini Faktanya

 


Beredar sebuah narasi bahwa Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) hafal Alquran 40 juz di saat usianya masih 10 tahun. Narasi ini beredar di media sosial.

Adalah akun facebook Rohil Lahyang turut mengunggah sebuah tangkapan layar berisi foto Luhut dan narasi tersebut. Berikut narasi selengkapnya:

“Soal Tuduhan Jokowi Anti Islam, Luhut: Umur 10 Tahun Beliau Sudah Hafal Alquran 40 juz.”

Akun facebook Rohil Lah membuat komentar terkait narasi tersebut. Berikut selengkapnya:

“Pigin ktwa tkut cebong marah hi hi alpatekah,” tulis akun facebook Rohil Lah, Senin 31 Agustus 2020.

Unggahan ini direspons sejumlah warganet. Terdiri dari 30 emotikon dan 33 komentar.



Penelusuran
Dari penelusuran tim Cek Fakta Medcom.id, klaim bahwa Menko Marves Luhut Menyebut Presiden Jokowi hafal Alquran 40 juz di saat usianya masih 10 tahun, tidak berdasar.

Faktanya, tidak ada informasi valid mengenai hal tersebut. Kami menelusuri mesin pencari. Di antaranya Google. Namun dengan berbagai kata kunci, tidak ditemukan pernyataan resmi terkait hal tersebut.

Situs cek fakta Turnbackhoax.id juga melansir hal senada. Di dalam laporannya, disebutkan narasi tersebut merupakan konten yang menyesatkan.

“Tidak ditemukan adanya media arus utama dengan judul artikel seperti itu. Foto identik ditemukan pada artikel cnbcindonesia.com dengan judul “Luhut: Jokowi Pilih Ma’ruf itu Blessing untuk Ekonomi RI” yang tayang pada 14 agustus 2018. Sedangkan Al-Qur’an sendiri terdiri atas 30 juz bukan 40 Juz,” tulis Turnbackhoax.id dalam laporannya, Senin 31 Agustus 2020.

Sedangkan, foto Luhut di dalam tangkapan layar itu ditemukan di situs CNBC Indonesia. Di antaranya di dalam artikel berjudul “Luhut: Jokowi Pilih Ma’ruf itu Blessing untuk Ekonomi RI” dan “Ketua MPR Kritik Utang, Luhut: Tak Paham, Jangan Komentar!”.



Setidaknya di dalam dua artikel itu, tidak ditemukan pernyataan Luhut terkait Jokowi hafal Alquran 40 juz di usia 10 tahun. Namun di sisi lain, Luhut pernah menyampaikan bahwa dirinya percaya Jokowi merupakan sosok yang sangat taat beribadah.

“Kalau Presiden (Jokowi) dituduh dengan anti Islam saya juga tidak setuju karena saya kenal beliau dari awal bagaimana beliau seorang yang sangat taat ibadahnya,” kata Luhut seperti dilansir Wartaekonomi.co.id, Kamis 31 Januari 2019.




Kesimpulan
Klaim bahwa Menko Marves Luhut Menyebut Presiden Jokowi hafal Alquran 40 juz di saat usianya masih 10 tahun, tidak berdasar. Faktanya, tidak ada informasi valid mengenai hal tersebut.

Informasi ini masuk kategori hoaks jenis misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok.

Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.

Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.

Sumber: medcom.id





Subscribe to receive free email updates:

Loading...

0 Response to "[Cek Fakta] Soal Jokowi Hafal al-Qur’an 40 Juz Saat Usia 10 Tahun, Ini Faktanya"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.