Loading...

Larang FPI, Mahfud MD Ungkap Video Rizieq Dukung ISIS : FPI Organisasi Terlarang, Setiap Kegiatan Bakal Dibubarkan







Pemerintah memamerkan video berisi pernyataan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) mendukung organisasi teroris ISIS. Video itu ditayangkan setelah pemerintah melarang FPI.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan video itu adalah gambar pendukung dari keputusan pelarangan FPI.

"Sedikit, 3 menit ini, ada gambar-gambar pendukung," kata Mahfud dalam jumpa pers di Kantor Menko Polhukam, Jakarta, Rabu (30/12).

Salah satu video yang ditayangkan diberi judul "Video Dukungan FPI terhadap ISIS". Video itu menayangkan pidato Rizieq yang membahas keberadaan organisasi ISIS.

Rizieq menyebut FPI mendukung hal-hal baik dari ISIS, seperti cita-cita menegakkan syariat Islam, menegakkan khilafah, hingga perlawanan terhadap kezaliman Amerika Serikat.

"Saya tanya hal-hal yang baik dukung tidak? Dukung tidak?" teriak Rizieq.

"Dukung!" sahut jemaah.

"Takbir!" seru Rizieq.

Ia juga menyampaikan ada pihak-pihak yang coba memisahkan umat Islam dengan ISIS. Akan tetapi, Rizieq memastìkan FPI tidak akan menurutinya. Ia menegaskan FPI mendukung ISIS.

"Kalau pemerintah zalim, tentara jahat polisi jahat, main tangkep, main tembak, rakyat hartanya dijarah, tanahnya dirampas, syariat Islam disingkirkan, Saudara. Saya mau tanya, kira-kira besok perlu ada ISIS enggak? Perlu ada ISIS enggak? Takbir!" ujar Rizieq menggebu-gebu.

Pemerintah juga mempertontonkan sejumlah video lainnya. Ada video ceramah Rizieq yang memprovokasi umat Islam dalam konflik Ambon. Ada pula video baiat anggota FPI mendukung ISIS.

Sebelumnya, pemerintah menetapkan pembubaran FPI.  Mahfud MD menyebut FPI telah bubar secara de jure sejak 2019.

Selama berdiri, FPI dinilai sering melakukan pelanggaran hukum. Mereka juga sering menggelar sweeping sepihak, sehingga pemerintah menetapkan ormas itu dibubarkan secara resmi.

"Menyatakan FPI adalah organisasi yang tidak terdaftar sebagai ormas sebagaimana diatur dalam undang-undang sehingga secara de jure telah bubar sebagai ormas," ujar Wakil Menteri Hukum dan HAM, Edward Omar Sharif Hiariej atau Eddy Hiariej, Rabu (30/12).

Dalam dokumen Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) FPI yang diterima CNNIndonesia.com, disebutkan bahwa visi dan misi organisasi pimpinan Rizieq Shihab itu adalah penerapan syariat Islam secara kaffah atau menyeluruh, di bawah naungan Khilafah Islamiyyah menurut Manhaj Nubuwwah, melalui pelaksanaan dakwah, penegakan hisbah dan pengamalan jihad.

Bab II Pasal 6 ayat 1 Anggaran Rumah Tangga FPI menyebutkan, arti penerapan syariat secara kaffah adalah penerapan syariat Islam di seluruh bidang kehidupan yaitu akidah, ibadah, munakahat, muamalat, dan jinayat. Arti penerapan syariat Islam secara kaffah adalah kewajiban menjalankan syariat Islam secara individu dalam kehidupan masyarakat dan negara.

Sedangkan pada ayat 2 dijelaskan tentang artiKhilafah Islamiyyah adalah diterapkannya kesatuan sistem ekonomi, politik, pertahanan, sosial, pendidikan, dan hukum di dunia Islam.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD menyatakan Front Pembela Islam (FPI) merupakan organisasi terlarang.

Menurut Mahfud, hal itu sesuai putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 82 PUU 11 2013 tertanggal 23 Desember 2014 bahwa pemerintah telah melarang aktivitas FPI.

 "Pemerintah melarang aktivitas FPI dan akan menghentikan setiap kegiatan FPI, karena FPI tidak lagi memiliki legal standing," kata Mahfud dalam konferensi pers di Kantor Menko Polhukam, Rabu (30/12).

Menurut Mahfud, legal standing itu berlaku bagi FPI baik sebagai organisasi kemasyarakatan (ormas) maupun organisasi biasa. Dengan larangan tersebut, Mahfud menyatakan bahwa FPI tidak lagi memiliki legal standing.

Dengan ketiadaan legal standing, mantan hakim konstitusi itu juga meminta pemerintah daerah menindak tegas organisasi yang membawa nama FPI.

"Kepada aparat pemerintah, pusat dan daerah, kalau ada sebuah organisasi mengatasnamakan FPI dianggap tidak ada dan harus ditolak, karena legal standing tidak ada, terhitung hari ini," tukas Mahfud.

Pelanggaran atas kegiatan FPI tersebut dituangkan dalam Keputusan Bersama 6 Pejabat Tertinggi di K/L yakni Mendagri, Menkumham, Menkominfo, Jaksa Agung, Kapolri, dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

Pemerintah mengumumkan pembubaran organisasi yang didirikan Muhammad Rizieq Shihab itu pada Rabu (30/12). Mahfud didampingi sejumlah petinggi lembaga dan kementerian terkait menyatakan bahwa FPI sudah dianggap bubar sejak tahun lalu.

"Saya ingin menyampaikan  bahwa FPI sejak tanggal 20 Juni 2019 secara de jure telah bubar sebagai ormas, tetapi sebagai organisasi FPI tetap melakukan aktivitas yang melanggar ketertiban dan keamanan dan bertentangan dengan hukum," terang Mahfud.


Subscribe to receive free email updates:

Loading...

0 Response to "Larang FPI, Mahfud MD Ungkap Video Rizieq Dukung ISIS : FPI Organisasi Terlarang, Setiap Kegiatan Bakal Dibubarkan"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.