Loading...

Hilangkan Kesan Seram, Kuburan di Ponorogo Ini Dicat Warna-warni



Wajah tempat pemakaman umum yang terletak di Desa Karangjoho, Kecamatan Badegan, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, memiliki daya tarik tersendiri. Setiap nisan dicat warna-warni.

Mengapa semua nisan di TPU tersebut dicat warna-warni? Menurut keterangan perangkat desa setempat, Diki Mardiansyah, tujuannya untuk menghilangkan kesan angker.

Tujuan tersebut betul-betul tercapai. Semenjak, wajah kuburan diubah tampilannya, banyak warga yang kemudian datang ke sana dan berfoto.

Apa yang dilakukan warga Desa Karangjoho merupakan cara warga menerjemahkan keinginan kepala daerah yaitu menjadikan desa yang indah dan elok.

“Ya pengecatan itu spontanitas saja. Kebetulan ada arahan dari pak bupati yang disampaikan oleh pak camat untuk mencanangkan desa yang indah dan elok, dan pengecatan nisan ini salah satunya,” kata Diki, Selasa (16/3/2021).]





Awal mulanya

Pada suatu hari, warga desa kerja bakti membersihkan lingkungan. Ketika membersihkan area TPU dari tumbuhan liar, muncullah gagasan untuk memberikan warna baru pada nisan, sekaligus memperbaikinya.

“Nisan yang rusak itu kita hubungi ahli warisnya untuk diperbaiki bersama-sama. Nisan yang kurang pas juga dibenahi sehingga kelihatan rapi,” kata Diki dalam laporan Beritajatim.

Pekerjaan tersebut dilakukan secara gotong royong dan membutuhkan waktu dua pekan.

“Ada ratusan batu nisan yang dicat. Selama ini belum ada yang protes, malah semua warga mendukungnya,” kata Diki.

Subscribe to receive free email updates:

Loading...

0 Response to "Hilangkan Kesan Seram, Kuburan di Ponorogo Ini Dicat Warna-warni"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.