Umumkan Perceraian Orangtua, Anak Aa Gym Tegaskan Pesantren Daarut Tauhiid Tidak Lagi Dipimpin Teh Ninih


    Pendakwah kondang Yan Gymnastiar alias Aa Gym mengajukan talak cerai pada istri pertamanya, Ninih Mutmainah atau Teh Ninih di Pengadilan Agama, Bandung.

    Sidang perceraian Aa Gym dan Teh Ninih pertama kali berlangsung pada Rabu, 17 Maret 2021, namun kedua belah pihak tidak hadir dalam sidang tersebut.

    Juru bicara Pengadilan Agama Bandung, Musthofa membenarkan bahwa Aa Gym telah mengajuka permohonan cerai pada Teh Ninih.

    "Betul itu, kalau saya baca didata ya (diajukan) pada 3 Maret 2021 ya, pada sidang perdana pihak Aa Gym tak hadir, pihak istrinya kuasanya yang bisa hadir," kata Musthofa dikutip Pikiran-Rakyat.com dalam kanal YouTube Surya Citra Televisi pada Kamis 18 Maret 2021.

    Bukan pertama kali Aa Gym bercerai dari Teh Ninih. Di tahun 2010, Teh Ninih menggugat cerai Teh Ninih ke Pengadilan Agama Bandung setelah Aa Gym mempersunting istri kedua.

    Pengadilan Agama Bandung mengabulkan gugatan cerai Teh Ninih di tahun 2011, namun keduanya rujuk kembali pada tahun 2012.

    Setelah 9 tahun rujuk, kabar perceraian Aa Gym dan Teh Ninih kembali mencuat.

    Menurut kuasa hukum Aa Gym, Yoko M Sulaiman, talak yang kedua ini nantinya akan diketahui apakah pihak Teh Ninih menerima atau tidak.


    "Yang kedua ini nanti apakah dari pihak Teh Ninih memang menerima atau tidak kita juga tidak tahu, nanti ada kuasa atau yang lainnya," ujar Yoko dikutip Pikiran-Rakyat.com dalam laman PMJNews pada Rabu 17 Maret 2021.

    Putra Aa Gym dan Teh Ninih, Muhammad Ghaza Al Ghazali menuliskan dalam statusnya jika sang ayah sudah menalak ibunya.

    "Dengan ini saya memberitahukan pada sahabat semua bahwasannya ibu saya, Ninih Mutmainah telah dicerai talak tiga oleh ayah saya," tulis Ghaza.

    Ghaza menjelaskan sejak saat itu manajemen Pondok Pesantren Daarut Tauhiidyang didirikan Aa Gym tidak lagi berada di bawah pimpinan Teh Ninih.

    "Sudah tidak aktif lagi di Pondok Pesantren Daarut Tauhiid. Mohon kiranya pada para pembaca untuk tidak bertanya pada ibu perihal pesantren, karena sudah tidak ada kaitan dengan pesantren. Demikian terima kasih," tulis Ghaza dikutip dari laman PMJNews pada Rabu 17 Maret 2021.

    Belum diketahui penyebab perceraian kedua Teh Ninih dan Aa Gym. Secara global, pihak kuasa hukum Aa Gym mengatakan bahwa keduanya sudah tidak ada kecocokan lagi.

    "Soal alasan detail kan kita gak bisa jelasin karena sidangnya sidang tertutup, tapu secara global sudah tidak ada kecocokkan lagi," ucap Yoko.***