Tsunami dan Gempa Akan Terjadi Jika Makhluk Ini Terlihat, Segera Selamatkan Diri Kemungkinanya 100% Akurat




Pasca gempa bumi 6,1 magnitudo mengguncang Seram, Provinsi Maluku pada Rabu, 16 Juni 2021, Tsunami berpotensi terjadi.

Hal ini seperti dikatakan , Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) yang menghimbau masyarakat mewaspadai Tsunami setelah gempa terjadi.

BMKG meminta warga waspada terhadap gempa susulan dan potensi tsunami akibat longsor di bawah laut pantai Japutih kabupaten Maluku Tengah usai gempa bumi magnitudo 6,1 pada Rabu di wilayah perairan sekitar 97 kilometer timur laut Kota Ambon.


"Warga diimbau untuk mewaspadai gempa susulan dan potensi tsunami akibat longsor ke dan di bawah laut bagi masyarakat di sepanjang pantai Japutih sampai pantai Apiahu Kabupaten Maluku Tengah, Pulau Seram, Maluku," kata Kepala Stasiun Geofisika Klas I Ambon (Stageof Ambon), Herlambang Hudha dikutip Zonajakarta.com dari Antara, Rabu, 16 Juni 2021.


BMKG mengimbau masyarakat di sepanjang pantai Japutih sampai pantai Apiahu Pulau Seram Maluku untuk menjauhi pantai mewaspadai potensi gempa susulan dan tsunami akibat longsor ke atau di bawah laut dan menuju tempat tinggi.


"Hingga pukul 15.30 WIT terjadi sembilan kali gempa susulan, dengan skala lebih kecil dibandingkan sebelumnya," katanya.


Meski tak ada satupun lembaga sains yang mampu memprediksi kapan dan dimana terjadinya gempa dan Tsunami, tahukah anda, ada sebuah makhluk laut dalam yang memiliki kemampuan luar biasa dan sanggup memprediksi hadirnya gempa dan tsunami.

Tidak hanya itu, makhluk "ajaib" ini bahkan memiliki keakuratan prediksi nyaris 100%! Tingkat keakuratan yang lebih tinggi dibandingkan keakuratan dari mesin seismograf ataupun pendeteksi tsunami konvensional.

Dikutip Zonajakarta.com dari Jurnal Presisi, makhluk tersebut adalah Oarfish (Regalecus Glesne). Spesies ikan laut dalam ini telah lama dipercaya dapat mendeteksi kehadiran bencana.

Ikan yang memiliki bentuk tubuh yang panjang menyerupai Sea Serpent ini bahkan dianggap sebagai perwujudan naga air dalam mitologi Jepang dan dijuluki "ryugu no tsukai" yang bermakna Sang pembawa pesan Raja Laut.

Bukan tanpa alasan Oarfish mendapat julukan demikian. Sejarah telah mencatatkan bahwa kemunculan ikan ini di pesisir pantai selalu disusul dengan kehadiran bencana Dahsyat seperti gempa bumi dan bahkan tsunami.

Perilaku Oarfish yang terbilang sakti tersebut ternyata dapat dijelaskan dari kacamata sains.

Sebagai ikan laut dalam, Oarfish tentu bisa merasakan apabila terjadi pergerakan lempeng bumi dengan skala besar di dasar laut. Pergerakan lempeng tersebut membuat Oarfish gelisah dan akhirnya naik ke permukaan.

Kemunculannya ke permukaan pun dianggap sebagai pesan untuk umat manusia, bahwa ada bencana dahsyat yang akan menerjang mereka.

Rachel Grant, seorang Profesor Biologi Kelautan dari Universitas Anglia Ruskin di Cambridge, menuturkan bahwa perilaku ajaib dari Oarfish tersebut dapat dibuktikan secara teoritis.


“Kala gempa terjadi, akan ada penumpukan tekanan di bebatuan yang bisa menimbulkan muatan elektrostatis dan menyebabkan ion bermuatan listrik lepas ke air,” Ujarnya pada Euronews.

“Hal tersebut dapat menyebabkan pembentukan hidrogen peroksida, yang merupakan senyawa beracun. Ion berbahaya tersebut juga dapat mengoksidasi bahan organik yang dapat membunuh ikan, sehingga memaksa mereka meninggalkan laut dalam dan naik ke permukaan." Tutup Prof. Rachel.

Jadi apabila anda melihat seekor Oarfish berenang di perairan dangkal dekat pantai, hubungi pihak berwajib dan bersegeralah mengungsi karena tak lama setelahnya, bencana dahsyat akan datang.***ZJ

Sumber: https://zonajakarta.pikiran-rakyat.com/regional/pr-182065463/tsunami-dan-gempa-akan-terjadi-jika-makhluk-ini-terlihat-segera-selamatkan-diri-kemungkinanya-100-akurat

Subscribe to receive free email updates:

Loading...

0 Response to "Tsunami dan Gempa Akan Terjadi Jika Makhluk Ini Terlihat, Segera Selamatkan Diri Kemungkinanya 100% Akurat"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.