Jika Sampai Ke Ranah Hukum, Warkopi Bisa Didenda Hingga Rp 2 Miliar Atau Penjara 4 Tahun Karena Tiru Warkop DKI





    Berbuntut panjang! Apa yang dihadapi Warkopi kini pasca viralnya sosok mereka karena mirip ketiga personil Warung Kopi Dono Kasino Indro (Warkop DKI) sungguh mengerikan.

    Mereka terancam penjara 4 tahun atau denda sebesar Rp 2 miliar.

    Ya, alih-alih terkenal dan melahirkan karya-karya terbaru sebagai persembahan pengobat rindu masyarakat terhadap Warkop DKI, ketiga pemuda bernama Sepriadi Chaniago, Alfred atau Dimas, dan Alfin Dwi Krisnadi ini malah hars menghadapi kenyataan pahit.


    Hal ini dikarenakan Trio Warkopi melanggar hak kekayaan intelektual. Dimana grup lawak Warkop DKI sendiri dilindungi undang-undang.

    “Potensi pelanggaran hak cipta lainnya yaitu Warkopi membuat suatu ciptaan berupa video/film dengan melakukan lipsing/dubbing dari suara asli Warkop DKI (pelanggaran hak moral atas karya pertunjukkan). Penggunaan foto dari personil Warkop DKI untuk didampingkan dengan Warkopi atas kemiripan mereka dengan tujuan adanya pemanfaatan ekonomi atau keuntungan ekonomi,” ungkap Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual (Dirjen KI) Freddy Harris saat jumpa pers virtual, Senin (27/9). Demikian dikutip Tribunnews.com.

    Di samping itu, kemunculan Trio Warkopi tanpa izin ini juga menimbulkan kerugian imateril bagi Lembaga Warkop DKI karena mendapat teguran dari Falcon Pictures, perusahaan yang menggarap Warkop DKI Reborn.

    “Grup Warkopi sendiri tidak tercatat memiliki pendaftaran merek. Apabila merujuk kepada ketentuan Pasal 100 ayat (2) UU No.20 Tahun 2016, karena itu Warkopi dapat dipidana dengan penjara paling lama 4 tahun atau denda paling banyak Rp 2 miliar,” terang Freddy.