Viral Kisah Perjuangan Wanita Asal Lebak Jadi Miliarder, Dulu Makan Ikan Bekas Kucing


    Sosok wanita asal Lebak, Banten, Fatimah Az Zahra mendadak viral dan jadi sorotan usai kisah perjuangannya untuk menjemput kesuksesan diceritakan ke publik.

    Dalam acara Kopi Viral yang videonya diunggah di Youtube (14/9/2021) lalu, Fatimah menceritakan perjuangannya merintis bisnis hingga kini sukses sebagai seorang miliarder.

    Kisah perjuangan Fatimah dimulai saat ia menghabiskan masa remajanya di pondok pesantren. Ia sering berpuasa namun karena tak punya apa-apa untuk berbuka ia hanya meminum air mentah.

    Namun itu semua terbayar ketika Fatimah akhirnya menemukan peluang usaha di bidang produk herbal dan perawatan kulit.


    Makan ikan bekas kucing

    Fatimah bercerita bahwa ia pernah menyantap ikan yang dibawa oleh seekor kucing saat ia masih berada di pondok pesantren.

    Saat itu ia berpuasa dan hendak berbuka. Namun karena tak mempunyai apa-apa untuk di makan, ia hanya bisa berdoa dan berharap mendapat makanan. 

    Tiba-tiba datang seekor kucing membawa ikan yang langsung dibakar dan disantap oleh Fatimah.

    "Saya puasa, karena saya tidak mempunyai sesuatu yang tidak bisa di makan. Saya berpuasa berhari-hari, setiap berbuka minumnya air mentah," katanya dalam video tersebut, dikutip BeritaHits.Id, Senin (20/9/2021).

    "Tiba-tiba ada kucing yang membawa ikan utuh dia kaget melihat saya dan langsung kabur. Ikannya besar lalu saya bakar," lanjut Fatimah.


    Merintis bisnis herbal dari warnet

    Fatimah memulai bisnis herbal dengan mempelajari dari internet yang ia akses di warnet.

    Saat itu ia mengalami gangguan kesehatan yang membuat kondisi keuangannya juga memburuk. Dari situ, ia memutar otak untuk bisa menghasilkan uang dengan cara yang halal.

    "Pada saat itu kondisi ekonomi sangat sulit, jadi saya berpikir apa yang bisa saya lakukan? Saya banyak belajar tentang herbal, yang kebetulan di sebelah kontrakan saya,"ujarnya.

    Salah satu produk herbal buatan Fatimah yang melejit di pasaran ialah virgin coconut oil. Ia bahkan mengaku tak butuh modal karena menggunakan sistem pre order.

    "Awal yang langsung booming itu virgin coconut oil, itu ku bikin sendiri. Dan dijual laku banyak, modal awalnya tidak ada. Karena kalau ada yang pesan baru saya buatkan (pre order)," lanjutnya.

    Fatimah Az Zahra (Youtube/ Trans TV)


    Jadi Miliarder

    Bisnis yang dirintis oleh Fatimah ternyata berjalan dengan baik. Sebelum pandemi, bisnis tersebut memberi penghasilan hingga 25 miliar rupiah.

    "Dari Rp 0 setiap tahun lonjakannya naik terus. Tahun ke-5 sudah Rp 1 Miliar, tahun ke-9 sudah Rp 25 Miliar. Aku dari herbal dan skin care. Semenjak pandemi terkena dampaknya tidak seperti sebelum pandemi," ucap Fatimah.

    Meskipun sudah sukses sebagai pengusaha, Fatimah tak pernah melupakan pesantren yang membesarkannya. Ia juga berusaha untuk selalu memberi keberkahan pada pesantren tersebut.

     "Berbagi kepada sesama. Saya merasa yakin kepada kebaikan banyak orang, maka Allah akan memberikan kita kebaikan sebanyak-banyaknya," pungkasnya.