Bapak-bapak Asal Bandung ini Berhasil Kalahkan Juara Catur Online Dunia , Akunya Malah di Blokir


    Seorang gamer catur dunia bernama GothamChess kalah adu catur online lawan bapak-bapak dari Indonesia. Lalu akun si bapak diblokir, netizen pun protes.

    Kejadian ini dialami oleh Dadang Subur, pria asal Bandung yang telah berhasil mengalahkan pecatur internasional GothamChess di adu catur online chess.com. Akun Dadang adalah Dewa Kipas, sedangkan GothamChess adalah gamer sekaligus YouTuber dengan banyak follower.

    Alasan Dadang di-banned yakni tuduhan curang oleh para penggemar GothamChess dan berujung tindak pelaporan secara massal untuk memblokir akun Dadang Subur. Padahal, pertandingan antara Dadang melawan GothamChess disiarkan secara langsung melalui layanan streaming online, Twitch.

    Melalui akun Twitch GothamChess, pertandingan ini ditonton oleh ribuan penggemarnya. Dengan bidak hitam yang digunakan Dadang, ia berhasil mengalahkan GothamChess selama 10 menit pada 2 Maret 2021.

    Kemenangan ini tidak bisa diterima oleh penggemar GothamChess dan melakukan pelaporan. Anak Dadang yaitu Ali Akbar lantas menceritakan kejadian ini di Facebook dan jadi viral.

    etikINET lalu meminta konfirmasi pada Ali Akbar, Rabu (3/3/2021). Menurut keterangan Ali Akbar, kecurangan yang dituduhkan kepada ayahnya karena Dadang memiliki ELO 2.300.

    “Namun langkah dan cara bermainnya bagaikan orang dengan ELO lebih dari 2.700 atau setara grandmaster,” kata Ali.

    Apakah Dadang Subur curang seperti yang dituduhkan? Ali Akbar juga sudah melakukan klarifikasi melalui akun facebook miliknya, bahwa ayahnya, Dadang Subur tidak curang. Karena beliau memang seorang mantan pemain catur profesional yang sudah mengikuti banyak turnamen catur sejak usia muda.

    Laman pertandingan catur GothamChess VS Dewa Kipas di Chess.com pun kebanjiran komentar. Banyak yang menghina dan membela Dewa Kipas.

    “Orang ini cheating. Jika lihat akurasi dan lama gerakan, tidak mungkin kalau tidak curang,” kata Fieldlord.

    “Memalukan untuk penggemar GothamChess yang tidak bisa terima idolanya kalah,” kata Cikoji.

    “Kalah, lalu fansnya melaporkan orang tua yang baru main chess.com. Memalukan untuk penggemar GothamChess,” kata Ghaffaridzan.

    “Rematch saja dengan live streaming sebagai bukti,” kata SylaGary.

    Bagaimana detikers, Apakah Anda percaya GothamChess atau Dewa Kipas alias Dadang Subur?