Cek Fakta: Ustaz Abdul Somad (UAS) Dikabarkan Meninggal Kena Azab, Simak Faktanya



    Serangan buzzer menarget Ustadz Abdul Somad alias UAS. Pria asal Riau itu dikabarkan meninggal dunia pada hari Selasa, 13 Juli 2021.

    Berita UAS dikabarkan meninggal itu muncul setelah adanya video dari Channel YouTube Pilar Istana mengunggah video berjudul "VIRAL TERBARU HARI INI ~ KENA AZAB AHIRNYA UAS BERPULANG SAAT INI?"

    Video itu kemudian viral dan ditonton lebih dari 600.000 kali saat berita ini dibuat.

    Tampak dalam thumbnail video, UAS terlihat tengah berbaring di ranjang rumah sakit, sementara sekelilingnya dipenuhi tokoh agama dan sejumlah ulama berpakaian serba putih.

    "“SELMAT JALAN SOMAD
    KETUA PA212 IKUT BERDUKA DENGAN KEPERGIAN SOMAD,” tulis narasi dalam video tersebut.

    Penelusuran dan faktanya

    Dari hasil penelusuran Turnbackhoax, video tersebut tidak berisi berita bahwa Ustadz Abdul Somad meninggal dunia, melainkan menceritakan pengalamannya ketika terpapar Covid-19 beberapa waktu yang lalu.

    Setelah video tersebut diunggah, UAS masih rutin mengunggah beberapa foto dan video di akun Instagram resminya, ustadzabdulsomad_official.

    Berdasarkan pantauan Pikiran-rakyat.com, Senin, 19 Juli 2021, UAS masih terlihat mengunggah video dirinya sedang berbicara dan tampak sehat.

    Dengan demikian disimpulkan bahwa narasi yang diunggah YouTube “PILAR ISTANA” tersebut dapat dikategorikan sebagai konten yang menyesatkan/Misleading Content atau informasi hoaks.***